-->

infolink text ads

  • PENDAHULUAN MANAGEMENT PACKET UBUNTU




    Assalamu'alaikum Wr wb.






    Hasil gambar untuk LOGO UBUNTU

    A. PENDAHULUAN

        Dalam blog saya kali ini saya akan membahas tentang cara pengoperasian GNU/ Linux Teknoplasma yang dipakai dalam pembelajaran online
    berisi praktik-praktik pengoperasian GNU/Linux tingkat dasar. Blog ini dibuat untuk dibaca semua tingkatan mulai awam, pemula, sampai mahir (baik untuk peserta maupun masyarakat).


    B. LATAR BELAKNG

        Kebutuhan sebuah teknologi informasi dan komunikasi itu sekarang semakin kian merembet hampir diseluruh penjuru dunia dan ini tidak menutup kemungkinan juga ikut berpartisipasi sehingga pembelajaran untuk bidang TI masih banyak pula yang awam dan kurang mengetahui hal tersebut apalagi bagi anda yang baru mengenal LINUX.. 
     
    C. MAKSUD DAN TUJUAN

        Dengan apa yang saya bahas kali ini mudah-mudahan bisa menjadi bahan referensi buat kita semua dan khususnya untuk saya dalam pengembangan blog ini kedepannya, jadi intinnya mohon agar di share!
     
    D. PEMBAHASAN


     Tentang Teknoplasma


           Kursus Online Teknoplasma adalah sekolah online nonformal yang mengajarkan pengoperasian GNU/Linux & free software untuk masyarakat Indonesia. Target Teknoplasma adalah memampukan masyarakat mengoperasikan GNU/Linux & free software pada tingkat pemula pada kehidupan sehari- harinya. Teknoplasma berprinsip mengedukasikan software freedom (kemerdekaan pengguna software) & memperingatkan bahaya proprietary software bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kursus ini berdiri pada tahun 2017 oleh Ade Malsasa Akbar dengan situsnya https://kursusteknoplasma.wordpress.com.

     Tentang Free Software


            Free software (perangkat lunak merdeka) adalah setiap software yang memberi pengguna hak sempurna untuk menjalankan, mempelajari, mengubah, sesuai kehendak pengguna tanpa batas waktu dan mendistribusikan software baik salinannya maupun perubahannya. Kebalikan dari free software adalah proprietary software –atau nonfree software– yang merupakan instrumen bagi pengembang untuk menimpakan kekuasaan secara tidak adil atas pengguna. Menggunakan free software berarti menolong diri sendiri & orang lain, menghidupkan & menyuburkan gotong royong. Dan sebaliknya, menggunakan proprietary software ialah merugikan diri sendiri & mematikan gotong
    royong.
     

    Tentang GNU/Linux


            GNU/Linux adalah sistem operasi free software gabungan dari GNU OS dan Linux Kernel yang siap pakai di komputer Anda sehingga dapat menggantikan fungsi Windows atau Mac OS X. Contoh GNU/Linux yang paling mudah digunakan ialah Ubuntu, Trisquel, OpenMandriva, dll. Menggunakan
     
         GNU/Linux memerdekakan pengguna dari bahaya & ketidakadilan proprietary software; sekaligus menghidupkan & menyuburkan gotong royong sosial. GNU/Linux pantas dipromosikan & kami ajak masyarakat menggunakannya agar merdeka dari sistem operasi nonfree seperti Windows.

    RANGKUMAN MATERI 


             Kursus ‘Sistem Manajemen Paket Ubuntu’ bertujuan memampukan peserta menginstal software di Ubuntu secara online dan offline. Peserta dibimbing agar bisa memilih, mencari, dan memasang software dari repositori Ubuntu maupun dari PPA. Peserta dibimbing agar bisa mengelola paket-paket termasuk hapus dan upgrade. Hasil akhir yang dimaukan ialah peserta mahir instal-menginstal software untuk kebutuhannya sendiri sehari-hari.

     

     Perintah paling sering:

    • sudo apt-get update
    • sudo apt-get install
    • sudo apt-get remove
    • dpkg -l | grep -i ‘kata_kunci’
    • sudo dpkg -i nama_paket.deb
    • sudo dpkg -i *.deb
    • apt-cache search ‘kata_kunci’
    • apt-cache search ‘kata_kunci’ | grep -i ‘kata_kunci’
    • apt-cache policy ‘nama_paket’
    • apt-add-repository ‘alamat_ppa’

    E. REFERENSI

     BUKU MANAGEMENT PACKET LINUX

     F. PENUTUP

       Demikian dengan apa yang bisa saya sampaikan mudah mudahan bermanfaat kepada taman teman semua.


    Wassalamu'alaikum Wr wb.
     
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment