-->

infolink text ads

  • CARA MENGINSTALL Router OS DIVIRTUAL BOX



    Assalamu'alaikumn Wr wb. 



    Hasil gambar untuk MIKROTIK LOGO



    A. PENDAHULUAN
     
         Selamat datang kawan-kawan pada kali ini saya aka bahas tentang dunia networking dan ini merupakan jurusan saya sendiri, mungkin teman-teman ada yang masih belajar seperti saya yaitu belajar tentang MikroTik, dan kali khusus untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman ata wawasan terhadap kawan-kawan semua., yaitu tentang bagaimana cara menginstall RouterOS di VirtualBox.

    B. LATAR BELAKANG

         Mungkin teman-teman ada yang ingin belajar router MikroTik namun belum memiliki RouterBoard nya nah ini merupakan solusi bagi anda yang ingin belajar MikroTik tanpa menggunakan perangkat Router asli.

    C. MAKSUD DAN TUJUAN 

        >. Berbagi wawasan tentang bagaimana cara menginsall Software Router OS.
        >. Configurasi dasar berbasis comand line /CLI di routerOS.

    D. HASIL YANG DIHARAPKAN 

       Bisa sama sama belajar perangkat MikroTIk tanpa RouterBoard dengan menjadikan Laptop/PC kita sebagai Router, namun saya menginstall nya di software virtual yakni Virtual Box.


    E. ALAT DAN BAHAN

    • Aplikasi Virtual Box
    • Software RouterOS anda bisa download di situs resminya mikrotik.com
    F. PEMBAHASAN

     CARA MENGINSTALL ROUTER OS DIVIRTUALBOX

    Hasil gambar untuk MIKROTIK LOGO 

     

     1. Masuk ke aplikasi virtualBox lalu buat baru atau tekan "New":


    gambar1@hazumaki

    2. Buat nama pada projek kita, disini saya akan memasukan Nama MikroTik dengan jenis OS "other" dan versi "Other Unknown".



    3. Pada bagian kali ini anda disuruh untuk membuat Ukuran memori yang akan digunakan OS tersebut, dan saya biarkan 64 MB secara default.




    4. Harddisk Virtual

    5. Next

    6.Untuk lokasi dan ukuran berkas anda bisa biarkan secara default saran dari system atau bisa secara manual, namun saya disini buat 10 GB.

    7.  Untuk disini anda masuk ke "Pengaturan" dan masuk ke " Penyimpanan" lalu klik "Pengendali IDE--->lalu klik icon cd dan "pilh disk"

    8. Lalu masukan OS mikrotik yang ada di file manager anda yang sudah didownload tadi.

    9. Dan setelah itu anda tinggal klik start untuk memulai pengoperasian dan akan masuk dengan booting terlebih dahulu sehingga akan nampak tampilan seperti dibawah ini.

    10. Klik (a) untuk memilh semua paacket  dan setelah itu klik (i) utuk memulai proses penginstallan dan klik '(n)/(y) konfgurasi yang sudah pernah lalu klik (y)
     untuk melanjutkan installasi.


    11. Sebelum di [ENTER] anda harus copot terlebih dahulu cd.iso MikroTik tadi dengan cara masuk ke piranti dan klik cd yang di ceklis sehingga benar2 tidak ada ang di ceklis. lalu setelah itu [ENTER]



    12. Maka akan reboot ulang dan akan nampak tampilan seperti ini ,
    anda masukan user dengan nama: admin dan untuk password anda tak perlu dan langsung [ENTER]

    13. Dan alhamdulllah.... teteeet
















    G. KESIMPULAN

        Dan seamat sekarang routerOS yang anda install tadi bisa di operasikan dan dijalankan ingat penulis mengingatkan ini hanya untuk bahan belajar tidak ada unsur lain karena jikalau ingin router asli maka anda harus mempunyai Lisensi terlebih dahulu, selamat mencoba dan selamat belajar, di postingan selanjutnya saya akan posting KOnfigurasi dasar Mikrotik.

    Jangan lupa bagikan artikel ini ya sob!

    H. RFEENSI

    source: mikrotikindo.blogspot.com


    Wassalamu'alaikum Wr wb.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment