-->

infolink text ads

  • Storyboard

    -Assalamualaikum wr.wb-


       Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang memiliki hubungan juga dengan Sinematografi. Ini adalah Storyboard...


    -Pengertian-

       Papan cerita (bahasa Inggris: Storyboard) adalah salah satu cara alternatif untuk mensketsakan kalimat penuh sebagai alat perencanaan. Papan cerita menggabungkan alat bantu narasi dan visualisasi pada selembar kertas sehingga naskah dan visual terkoordinasi.

    -Latar Belakang-

        Dengan mengacu pada rencana shooting  dalam storyboard para pemain dan kru dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat.  Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera. Storyboard juga berguna bagi editor untuk membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai  dengan skenario  dengan lebih mudah dan cepat.

    -Maksud & Tujuan-

       Agar pada proses shooting atau perekaman para pemain atau orang yang menjadi pelaku dari sebuah cerita itu bisa lebih memahami konsep peran yang sedang ia jalani. Selai itu juga, Storyboard juga memiliki tujuan sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting dan kameramen memungkinkan seorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya Sebagai Alat untuk mengkomunikasi ide keseluruhan film menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita Berperan dalam pewaktuan (timing) pada squence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dengan kesenambungan (countinuity) antara element-element dalam sebuah frame.

    -Pokok Pembahasan-

    Kelemahan Storyboard dan Solusinya

        Ketidak dapatannya untuk menunjukan gerakan - gerakan kamera, beserta efek optikal, seperti penglarutan atau pemudaran (Blur, Disolving) solusinya.
    Dengan tulisan dan gambar skematis untuk mendiskripsikan apa yang tidak dapat di gambarkan Perlu di perhatikan batas pinggir dari sebuah storyboard (bingkai) untuk menunjukan  sudut pandang, yang dipilih dari keseluruhan ruang.
        Siapa yang menggunakan Storyboard Advertising, untuk menjual produk kepada klien VideoGame, menggunakan banyak pra-rencana termasuk brainstroming dari konsep game dan interaksi pemakai serial TV, dipakai hanya pada Sequence yang kompleks Multimedia, CD-Rom untuk edukasi, pelatihan atau program-program tutorial Web Design, untuk mengembangkan team dalam pembuatan web design, mendifinisikan elemen-elemen seperti gambar,animasi,video dan ilustrasi Industri dan video-video pemerintahan, untk menampilkan ide-ide pada saat pembuatan sebuah proyek video-video pemerintahan.


    Proses Storyboard

        Thumbnail, tahap paling awal yang di pakai ilustrator yaitu menggambarkan dalam bentuk panel sketsa yang masih sangat sederhana  berisi nomor urut sebagai index dan pergerakan kamera atau  pergerakan karakter yang di beri simbol anak panah, Rough Pass, tahapan revisi Thumbnail dan panel yang di gunakan lebih besar dibanding sebelumnya. Pada tahap ini, storyboard lebih mudah di baca oleh non ilustrator seperti pemain, produser, kameramen, kru         pencahayaan dan investor.
        CleanUp/Final, tahap terakhir yang siap di pakai. Biasanya sudah lengkap dengan narasi, dialog, keterangan sound FX (suara angin/petir).
    Aspect Rasio adalah sebuah ukuran yang berhubungan dengan lebar dan tinggi sebuah layar (misalnya 1.85 : 1 atau 2.35 : 1) Standard Aspect Rasio TV, Layar Komputer 1.33 : 1 Eropa 1.66 : 1 TV Layar Lebar  1.78 : 1 Amerika 1.85 : 1 Panavision, Cinemascope 2.35 : 1
    Rumus Aspect Rasio x Tinggi = Lebar.

    -Kesimpulan-

        Storyboard merupakan alternatif dalam pembuatan sketsa suatu kalimat sebagai alat perencanaan.
    Storyboard memiliki tujuan panduan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya mulai dari sutradara, penulis cerita lighting, kameraman dll.

    -Referensi-

    https://en.wikipedia.org/wiki/Storyboard
    https://id.wikipedia.org/wiki/Papan_cerita
    http://infomultiedia.blogspot.co.id/p/storyboard.html


       Sekian dulu Postingan dari saya, nanti akan saya bagikan lagi mengenai cara membuat storyboard dengan baik...

    Wassalamualaikum wr.wb-
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment