-->

infolink text ads

  • Sharing Bersama Mbah Suro "Sistem" (lanjutan)

    -Assalamualaikum wr.wb-



       Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang akan melanjutkan pembahasan kita sebelumnya, yakni mengenai Sistem

    __________________

    -Pengertian-

       Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. 
       Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara.

    -Latar Belakang-

       Saya membagikan artikel ini karena saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya pahami dari apa yang telah dijelaskan oleh Mbah Suro mengenai Apa itu sistem.
    Disini saya telah meringkas topik-topiknya sehingga akan mempermudah kita dalam proses pemahaman.
     
    -Maksud & Tujuan-
     
       Dalam segala jenis pekerjaan pasti terdapat yang namanya sistem, disitu terkadang kita hanya tau kata sistem saja, namun belum tentu apa sebenarnya sistem itu. Maka dari itu setelah membaca artikel ini kita diharapkan mengerti apa yang dimaksud dengan sistem.
     
    -Pokok Pembahasan-
     
       Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
     
       Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK.
     
       Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.


    -Tujuan Sistem Informasi-

       Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).

    -Komponen Sistem Informasi-

       Komponen prosedur dalam Sistem Informasi berkaitan dengan prosedur manual dan prosedur berbasis komputer serta standar untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna. Suatu prosedur adalah urutan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan satu atau lebih aktivitas pengolahan informasi.


    -Kesimpulan-

        Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

    -Referensi-


       Sekian dulu postingan saya kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua...

    _______________

    -Wassalamualaikum wr.wb-

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment