-->

infolink text ads

  • Perbedaan Windows dengan Linux

    -Assalamualaikum wr.wb-



       Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang akan membahas tentang Perbedaan sistem operasi Windows dan Linux

    ___________________

    -Pengertian-

       Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

        Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

    -Latar Belakang-

       Berbagai macam sistem operas saat ini sedang banyak perkembangannya membuat kita semua merasa penasaran, manakah yang bagus atau cocok digunakan apakah Windows atau Linux?

    -Maksud & Tujuan-

        Agar kita mengenal dan memahami sistem operasi windows ataupun Linux, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    -Pokok Pembahasan-

    Microsoft Windows

       Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.


       Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama.

    Sejarah Singkat

       Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0 Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).
       Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi.
        Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan.

    Kelebihan Microsoft Windows (Close Source)

    * Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu program aplikasi secara bersamaan.
    * Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan.
    * Pengguna bisa berbagi data dan aplikasi ke pengguna lain dengan mudah.
    * Banyak terdapat aplikasi yang kompatibel dengan Windows.
    * Mudah dijalankan oleh orang awam.
    * Banyak didukung oleh vendor hardware dan Software.
    * Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia.

    Kekuarangan Microsoft Windows (Close Source)

    * Menyebabkan ketergantungan penggunaan pada produk Microsoft.
    * Ruang harddisk yang dibutuhkan cukup besar.
    * Sistem security/keamanan yang lemah dan mudah dijebol oleh hacker.
    * Membutuhkan memori fisik yang cukup besar.
    * Membutuhkan kecepatan processor yang tinggi.
    * Harga lisensi yang mahal.
    *Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan
    * panduan yang ada saat menggunakan.

    Versi-versi Microsoft Windows


    Sudah dirilis

     


    Linux

       Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
       Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.

        Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.

    Sejarah Linux

       Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.

    Desain Linux

       Linux merupakan sistem operasi bertipe Unix modular. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar Unix yang dikembangkan dalam kurun waktu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan sebuah kernel monolitik, kernel Linux yang menangani kontrol proses, jaringan, periferal dan pengaksesan sistem berkas. Device driver telah terintegrasi ke dalam kernel.

    Antar Muka Pada Linux

       Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (command line interface atau CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (graphical user interface atau GUI, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop).
        Pada komputer meja, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer, walaupun terdapat sejumlah varian antarmuka pengguna.

    Kelebihan Linux (Open Source)

    * Lisensi yang gratis bahkan dapat didownload dan banyak ditemukan di internet dengan mudah.
    * Linux bisa berinteraksi dengan sistem operasi lain.
    * Linux mempunyai virtual memori, skalabilitas dan stabil.
     Linux didukung oleh ribuan programmer di dunia.
    * Paket Linux merupakan satu kesatuan.
    * Linux mulai didukung oleh vendor hardware maupun software di dunia meskipun masih kalah dengan Windows.

    Kekurangan Linux (Open Source)

    * Sistem operasi yang sulit untuk dipelajari terutama untuk orang yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat.
    * Aplikasi yang tersedia belum sebanyak Windows.
    * Sistem operasi yang tidak sepenuhnya berbasis GUI (Graphical User Interface).
    * Nama-nama program antara distro satu dengan distro lainnya berbeda-beda.

    Distribusi Linux
     
     -Kesimpulan-

       Dari dua contoh sistem operasi diatas kita bisa menyimpulkan bahwa setiap sistem operasi sebenarnya adalah bagus, dan juga masing-masing sistem operasi memiliki distribusi, kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

    -Referensi-

    https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows
    https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
    http://203.130.243.185/data/00%20PENGENALAN%20SISTEM%20OPERASI%20LINUX.pdf

       Sekian dulu postingan saya kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua...

    -Wassalamualaikum wr.wb-
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment