TUTORIAL MEMBUAT KARAKTER DENGAN BLENDER
PENDAHULUAN
Hallo welcome back to my blogg , di blog saya sebelumnya kan saya memberikan artikel tentang tools di blender, kali ini saya akan memberikan tutorial pembuatan karakternya, oke langsung saya yah,.
LATAR BELAKANG
ingin membagi materi dan juga mengimplementasikan materi yg sudah didapatkan
MANFAAT DAN TUJUAN
jadi viewers dapat bisa mengikuti tutorial ini jika ingin membuat atau mendesign karakter 3d
ALAT DAN BAHAN
l.laptop
2.niat
3.referensi
PEMBAHASAN
- Kita buka terlebih dahulu aplikasi Blender 3D yang sudah kita install sebelumnya. Lalu akan muncul tampilan awal berupa kubus. Kubus tersebut jangan kita hapus, karena nantinya akan kita gunakan sebagai objek untuk membuat karakter tersebut.
- Masuk ke dalam edit mode untuk melakukan perubahan atau pengeditan pada objek. Untuk melakukan hal tersebut kita tekan tombol tab.
- Jika sudah, kita akan lakukan pembagian kubus menjadi bagian-bagian ang lebih kecil lagi dengan menggunakan perintah subdivide. Dan untuk menggunakan perintah subdivide kita bisa melakukannya din edit mode dan tekan tombol W lalu pilih subdivide.
- Kubus yang sudah dibagi tersebut akan kita gunakan sebagai bentuk kepala pada karakter yang kita buat nanti. Dan untuk membuatnya kita bisa menggunakan tombol Alt+Shift+S untuk merubah bentuk dari sebuah kubus menjadi bentuk yang menyerupai lingkaran. Tetapi lingkaran yang terbentuk masih belum rapih dan masih memiliki sudut-sudut seperti bentuk kubus. Maka kita rapihkan lagi sehingga seperti bentuk dibawah ini.
- Kemudian kita akan membuat bagian tubuh atau badan. Pertama kita hapus face select (titik pada bagian sisi objek) bagian bawah dari kepala tadi, lalu kita extrude dan size kecilkan dengan menggunakan tombol E+S. Sehingga ada lubang kecil untuk membentuk bagian lehernya. Kemudian pada bagian leher tersebut kita extrude ke bawah untuk membuat bagian badan dari objek. Karena bagian tersebut mengikitu ukuran dari leher, maka kita perlu membesarkan ukurannya dengan perintah size atau tekan tombol S, sehingga menjadi sebuah badan.
- Ketika badan tersebut sudah jadi untuk mempemudah membuatnya kita akan memakai modifier “Mirror” sehingga ketika merubah bagian kanannya makanya bagian kirinya akan mengikuti perubahan tersebut. tetapi kita harus menghapus setengah dari kepala hingga badan tersebut. lalu pilih modifier di sebelah kanan jendela blender dan pilih “Mirror”.
- Selanjutnya jika badan sudah terbentuk maka kita akan membuat kaki dan tangan. Disini kita menggunakan teknik extrude untuk memanjangkan bagian yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah tangan dan kaki.
- Terakhir pewarnaan untuk karakter tersebut dengan menggunakan material, disini saya memiliki beberapa warna untuk setiap bagian.
- coklat : digunakan sebagai warna dasar
- merah : untuk warna baju
- biru gelap : untuk warna calana
- putih : untuk warna hiasan sepatu
- hitam : untuk warna sepatu
KESIMPULAN
Blender merupakan sebuah software pembuat animasi yang bersifat open source, dimana setiap orang dapat menggunakan software ini secara free.
Untuk membuat animasi pada Aplikasi Blender, diperlukan tools-tools yang berfungsi sebagai komponen dalam pembuatan setiap objek. Dari sekian editor type yang disebutkan diatas hanya ada beberapa type yang sering digunakan dan menjadi default pada awal pertama membuka Blender diantaranya seperti Info Type
REFERENSI
https://rilotri94.wordpress.com/2016/02/08/membuat-karakter-3d-dengan-menggunakan-aplikasi-blender/
PENUTUP
sekian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besarnya
No comments:
Post a Comment