-->

infolink text ads

  • macam2 ukuran kertas

    UKURAN KERTAS



    hari ini saya akan memberikan sekidit info tentang beberapa ukurn kertas semoga info yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat buat kita semua. Tanpa basa - basi lagi langsung saja akan saya terangkan tentang beberapa ukuran kertas.


    1. PENGERTIAN

    Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.
    Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan ataupun toilet.
    Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batukayubambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah naskah Nusantarabeberapa abad lampau.

    2. LATAR BELAKANG

    Latar Belakang Masalah Kertas merupakan bahan yang tipis dan rata yang biasanya terbuat dari kayu, sering digunakan untuk berbagai kepentingan misalnya untuk menulis,mencetak, menggambar, dan membungkus. Penggunaan kertas saat ini telah mencapai angka yang sangat tinggi. Ada beberapa jenis kertas antara lainkertas HVS,kertas tissu, kertas minyak, dan kertas seni (art paper). Kertas seni (art paper)berbeda dengan kertas pada umumnya. Kertas seni mempunyai nilai seni yang lebih dibandingkan kertas tipis biasa yang kebanyakan polos teksturnya. Kertas seni agak kasar dan seratnya terlihat sehingga menghasilkan tekstur yang tidak merata hal tersebut menjadikan kertas menjadi lebih menarik untuk dibuat hiasan dengan berbagai bentuk. Pada penelitian (Pasaribu, 2006) membuat kertas seni dengan bahan baku enceng gondok, dalam hasil penelitiannya menjelaskan kertas seni dengan campuran eceng gondok memiliki penampilan yang lebih indah karena menampilkan serat-serat yang muncul di permukaan kertas. Berbeda dengan kertas tanpa campuran eceng gondok, kurang memiliki nilai artistik yang tidak jauh beda dengan kertas-kertas biasa. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kertas seni yaitu ampas tebu (Purnawan C, 2012)
    3. TUJUAN DAN MANFAAT 
     - Tujuan  
           Agar kita dapat mengetahui beberpa jenis kertas yang ada dan menempatkannya sesuai dengan kegunaannya masing - masing.
    - manfaat 
    Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batukayubambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah naskah Nusantarabeberapa abad lampau.
    4. PEMBAHASAN 

    1. Ukuran Poster, sebenarnya tidak ada ukuran poster yang pasti. Ukuran poster  sendiri tercipta sesuai dengan kebutuhan dunia promosi. Mulai yang kecil, hingga yang besar semua itu tergantung dengan penempatan letak poster agar dapat dilihat orang-orang. Poster sendiri banyak jenisnya, mulai poster bioskop, poster edukasi, poster promosi , dan banyak lainnya seusai dengan kebutuhan poster sendiri.
    Berikut Standar Ukuran Poster didunia yang bisa dipakai :

    • Ukuran Poster Besar : 61 cm x 91 cm
    • Ukuran Poster Medium : 46 cm x 61 cm
    • Ukuran Poster Kecil : 28 cm x 43 cm
    • Ukuran Poster A4 : 21 cm x 29.7 cm
    ukuran poster
    Ada lagi ukuran Poster yang lainnya, seperti Poster Bioskop memiliki standar ukuran poster sendiri. Ukuran Poster Bioskop ada dua macam yaitu :

    • Ukuran Poster Bus Stop : 101.6 cm x 152.4 cm
    • Ukuran Poster One Sheet : 68.6 cm x 101.6 cm
    Di Indonesia sendiri ukuran poster mengikuti ukuran kertas itu sendiri, untuk ukuran besar memakai A2, ukuran sedang A3/A3+, dan ukuran kecil A4. Berikut Ukuran Poster di Indonesia secara umum yang dipakai :
    • Ukuran Besar A2 : 42 cm x 59.4 cm
    • Ukuran Sedang A3+ : 32 cm x 48 cm
    • Ukuran Sedang A3 : 29.7 cm x 42 cm
    • Ukuran Kecil A4 : 21 cm x 29.7 cm
       2.  MAJALAH : membuat majalah sangat bervariasi ukurannya pada umumnya standar ukurannya adalah A4, Letter dan B5. atau F4   3. JURNAL : sering di pakai oleh universitas2 swasta dan negeri, maupun yang lainnya. ukurannya yang dipakai B5.
      4. BULLETIN : sangat ideal untuk ukuran F4, atau A4
      5. UNDANGAN : tidak ada ukuran yang diharuskan dan biasanya format ukurannya menyesuaikan dengan ukuran F4 misalnya 21,5 cm x 16,5 cm atau bisa juga 16,5 cm x 16,5 cm
      6. TABLOID : ukuran umum 29 cm x 42cm sedangkan jumlah halamannya bisa dimulai dari 12,  18, 24, 32, 40, 64, yang penting kelipatan 4.
      7. KORAN : pada umumnya juga sama dengan koran-koran yang ada di indonesia (kompas, jawa pos, jakarta pos, bali pos dll) tidak kurang dan tidak lebih pada kisaran ukuran 33,5cm x 55cm.
      8. KOP SURAT : bisa pakai ukuran Folio (F4) atau Kwarto (A4)
      9. NOTA : Standarnya mengacu pada ukuran folio kertas, tinggal mau dibuat ukuran berapa, bisa setengah folio, seperempat, atau sepertiga, menyesuaikan saja dengan kebutuhan jenis usahanya.
      10. SERTIFIKAT / PIAGAM : pilihannya bisa Folio atau A4
      11. IJAZAH : Yang sering digunakan adalah ukuran Folio dengan bahan kertas concord, linen, kinstrik, atau hammer.
    Note :
    - F4 (bahasa english)  atau disebut Folio (versi indonesia)  adalah 21,5cm x 33cm
    - A4 atau kwarto adalah 21cm x 29,7cm
    - B5 yaitu 17,6 cm x 25 cm

     5. REFERENSI

    wikipedia


    Sekian,semoga bermanfa
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment